TIPE DATA C

Pada pemrograman komputer, data yang digunakan umumnya dibedakan atas data nilai numerik dan data nilai karakter. Kemudian data nilai numerik dibedakan lagi atas berbagai macam seperti numerik integer (bulat) atau numerik pecahan (fractial), kemudian… 😛 numerik pecahan dibedakan lagi menjadi nilai numerik pecahan ketepatan tunggal dan nilai numerik pecahan ketepatan ganda.  Namun pada dasarnya dalam C menyediakan lima macam tipe data dasar, yaitu:

  • integer (nilai numerik bulat yang dideklarasikan dengan “int”)
  • floating point (nilai numerik pecahan ketepatan tunggal yang dideklarasikan dengan “float”, biasa disebut dengan bilangan kambang)
  • double-precision (nilai numerik pecahan ketepatan ganda yang dideklarasikan dengan “double”)
  • karakter (dideklarasikan dengan “char”)
  • kosong (dideklarasikan dengan void)

kemudian data-data diatas dapat lagi dikombinasikan dengan suatu “pengubah”(modifier) seperti signed, unsigned, long, dan short. berikut contoh-contohnya:

1. Data tipe integer (bil bulat)

tipe data

2. Data tipe real

Pada pemrogramman C juga memiliki data berkoma seperti bilangan real, data tersebut direntangkan mulai dari bil kambang (float) 3.4e-38 = 3.4×10^(-38) sampai 3.4e+38 = 3.4×10^(38)

tipe data2

 

3. Data tipe String

Data String merupakan data alfabet, data akan dianggap karakater (nilai 1 karakter) bila diapit tanda ‘ ‘ (ex: ‘A’ )  dan data akan dianggap string jika diapit dengan tanda ” ” (ex: ” hai”).

tipe data3

Tinggalkan komentar